Media Release ACM/ICPC Indonesia National Contest 2008

05.27.00 Edit This 1 Comment »
Kompetisi Pemrograman Komputer
ACM/ICPC INC 2008

Jakarta, 15 Juni 2008- Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (HIMTI) bekerja sama dengan Jurusan Teknik Informatika BINUS UNIVERSITY dengan bangga menyelenggarakan kompetisi Association for Computing Machinery/International Collegiate Programming Contest - Indonesia National Contest 2008 (ACM/ICPC INC 2008). Kompetisi ini berlangsung dalam dua periode, pertama adalah babak penyisihan yang diadakan pada tanggal 1 Juni 2008 yang lalu dan dilakukan secara online di posisi masing-masing peserta. Periode kedua adalah babak final yang diadakan hari ini di Kampus Syahdan, BINUS UNIVERSITY, Jakarta.

Setiap tahun ACM menyelenggarakan ICPC. ICPC adalah kompetisi pemrograman komputer tingkat dunia. Setiap kampus yang ingin ikut dalam ICPC diwajibkan mengikuti babak penyisihan tingkat regional. Para pemenang perlombaan tingkat regional akan menjadi finalis ICPC. Di Indonesia, BINUS UNIVERSITY menjadi satu-satunya dan juga universitas pertama yang ditunjuk untuk menjadi host penyelenggaraan ACM/ICPC INC ini. 

Sebanyak 151 tim perwakilan dari sekitar 40 universitas di seluruh Indonesia mendaftar pada lomba kali ini, namun setelah melewati babak penyisihan hanya 52 tim yang lolos ke babak final ACM/ICPC INC 2008. 52 tim ini berasal dari 18 universitas yang ada di Indonesia. Beberapa universitas tersebut adalah Universitas Indonesia, Universitas Sumatera Utara, Insitut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Sepuluh November, BINUS UNIVERSITY, Universitas Pelita Harapan, Universitas Multimedia Nusantara, Universitas Gadjah Mada, Universitas Atma Jaya Jogjakarta, dan lain-lain. 

Pada babak final ini, para peserta mengerjakan 6-8 soal pemrograman dalam waktu 5 jam. Materi utama soal adalah algoritma dan struktur data, sedangkan untuk compiler yang digunakan adalah C/C++ (GCC) atau Java. 

”Acara ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa – mahasiswa dari berbagai universitas di Indonesia untuk saling berinterkasi dan mendemonstrasikan kemampuan problem-solving, programming, dan teamwork mereka. Selain itu, acara ini merupakan langkah persiapan awal setiap mahasiswa di Indonesia sebelum mengikuti ACM/ICPC tingkat regional Asia yang akan diadakan di Jakarta yang diselengarakan di BINUS UNIVERSITY,” ujar Erin Vivi, Ketua Panitia ACM/ICPC INC 2008 mengenai tujuan kompetisi ini. 

Penyelenggaraan ACM/ICPC INC 2008 menyediakan total hadiah senilai lebih dari Rp 15 juta. Adapun rincian hadiah yang diterima oleh para pemenang adalah sebagai berikut:

Medali Emas : Uang tunai Rp 6.000.000,- / kelompok + (medali + sertifikat) / orang
Medali Perak : Uang tunai Rp 4.000.000,- / kelompok + (medali + sertifikat) / orang
Medali Perunggu : Uang tunai Rp 3.000.000,- / kelompok + (medali + sertifikat) / orang
Runner Up (2 kelompok) : Uang tunai Rp 1.000.000,- / kelompok + (medali + sertifikat) / orang

Tidak hanya itu, para pemenang juga mendapatkan hadiah berupa tiket registrasi gratis untuk mengikuti lomba ACM/ICPC Asia Programming Contest yang akan diselenggarakan di Jakarta oleh BINUS UNIVERSITY.  

Berikut adalah nama-nama yang berhasil keluar sebagai juara ACM/ICPC INC 2008 :
1. 1st Winner (BINUS UNIVERSITY)
team kurniady
Andrian Kurniady
Fiona Liausvia
Purnama

2. 2nd Winner (BINUS UNIVERSITY)
team TSP
Timotius Sakti
Stephen Kohar
Pascal Gerardus Angriawan

3. 3rd Winner (BINUS UNIVERSITY)
team pinkpanda
Winardi Kurniawan
Eko Mirhard
Panji Kharisma

4. Runner up (BINUS UNIVERSITY)
team acmon
Eko Wibowo
Lie Gunawan
Cun Cun Lim

5. Runner up (Universitas Kristen Satya Wacana)
team EMI
Erisman Kriswandhani Lim
Michael Ade Soewondo
Indra Suryatama


-ooo-