Pilihan Berganda n Esay

06.00.00 Posted In Edit This 0 Comments »
Alkisah kisah suatu hari disebuah sekolah terpencil di tengah-tengah kota. Hari ini adalah pertama ulangan umum semesteran. Murid-murid dengan segala persiapan menghadapi ulangan dengan berbagai cara, mulai dari alat tulis harus lengkap sampai duduk dibarisan paling belakang. Bel pun berbunyi pertanda ulangan akan segera dimulai. Tidak lama kemudian datanglah seorang guru pengawas. Sang guru mulai membagikan soal-soal. Namun, sebelum memulai, guru itu menerangkan tentang soal-soal ulangan yang akan dihadapi.


Soal bagian pertama adalah soal B-S. B-S itu adalah tulislah B jika akan menulis "bebek" dan tulislah S jika akan menulis "sapi". Soal kedua adalah soal menjodohkan kalimat. Pilihannya sudah ada, kira-kira siapa jodoh 'ka limat', yang tersedia ada 'ka andine',ka reni','ka tika' dan juga ada 'ka redok'. Soal ketiga adalah pilihan berganda, baik ganda campuran maupun ganda kembang. Soal terakhir adalah soal yang paling mudah yaitu esay. Esay lebih bebas lagi karena pertanyaannya hanya satu yaitu "Bagaimana kalo anda ketemu dengan pacar?", tulis saja " Eh say apa kabar si?".. Tapi masi ada satu yang harus diingat yaitu dalam mengerjakan ulangan ini kalian tidak boleh bekerja sama apalagi kerja paksa. Jadi kalian harus mengerjakannya sendiri-sendiri karena eh karena dapat merusakan pikiran.


Pertanda nasib baik bagi Hanen, duduk bersebelahan dengan murid teladan. Dia menganggap itu sebagai suatu kesempatan. Matanya gerak kiri dan kanan tak mau diam ngitip hasil jawaban. Segala cara dihalalkan demi nilai ulangan. Seminggu penuh ulangan berlangsung, tiga hari kemudian hasil ulangan pun keluar. Nilai murid teladan pun dibacakan, diluar dugaan mendapat nilai yang mengecewakan. Hanen pun panik dengan hasil ulangan yang akan didapatkannya. Namun, giliran Hanen, nilainya lebih tinggi dari murid teladan. Hanen pun merasa bangga akan hasil yang didapat tetapi dengan perbuatan yang dilakukan Hanen hasil tersebut hanyalah sebuah nilai daripada ilmu yang dipendam di dalam pikiran.


Itulah kisah 2 murid di sebuah sekolah terpencil yang sama-sama lulus dalam ulangan.


inspirasi n disadur dari
Padhayangan Project


0 comment: